(RPP)
RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah: Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Dra, A. Yumartati, M.Hum

Disusun oleh:
Maya Marliana
12003060
K/VI
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2015
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP Ahmad
Dahlan II Yogyakarta
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Gasal
Materi
pokok : Teks Cerita Moral/Fabel
Tema Pelajaran :
Belajar Pada Kehidupan Fauna
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : 1 x pertemuan
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai, santun, reponsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu penegetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanuasiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengmbangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami teks cerita fabel baik melalui lisan maupun
tulisan.
4.1 Menangkap makna teks cerita fabel baik secara lisan maupun
tulisan.
C. Indikator
1.
Memahami struktur teks cerita fabel baik secara lisan maupun tulisan.
2.
Memahami isi teks cerita fabel baik melalui lisan maupun tulisan.
D. Tujuan
1.
Setelah mengamati
teks cerita moral/fabel diharapkan siswa dapat memahami struktur teks cerita
moral/fabel baik secara lisan maupun tulisan.
2.
Setelah mengamati
teks cerita moral/fabel serta sturktur teks cerita moral/fabel, diharapkan
siswa dapat memahami makna teks cerita moral/fabel baik melalui lisan maupun
tulisan.
E. Materi Pembelajaran
·
Teks cerita
moral/fabel
·
Struktur teks
cerita moral/fabel
F. Alokasi Waktu
2 x 45 Menit
G. Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan
saintifik
2.
Model pembelajaran
kooperatif/kelompok
H. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber:
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII” Buku Siswa. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII” Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Media
·
Power point
·
Lembar teks cerita moral/fabel
·
Gambar hewan
I. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam pembuka.
2.
Guru memimpin doa
bersama.
3.
Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk belajar
(bertanya keadaan siswa).
4.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
5.
Guru bertanya kepada
siswa mengenai pengetahuannya tentang materi pembelajaran hari ini.
6.
Guru menampilkan
gambar hewan ‘nyamuk’ dan ‘kerbau’.
|
15
Menit
|
Inti
|
a.
Mengamati
7.
Siswa mengamati
gambar hewan ‘nyamuk’ dan ‘kerbau’.
b.
Mempertanyakan
8.
Guru mempertanyakan
terkait pengetahuan siswa tentang kedua hewan tersebut berkaitan dengan nilai moral yang bisa diambil dari
kedua hewan tersebut. Kemudian guru
menjelaskan sisi baik dan buruk dari kedua gambar hewan yang ditampilkan
tersebut.
c.
Mengeksplorasi
9.
Guru membagikan data
teks cerita fabel “Jiji si
Jerapah dan Kus si Tikus” kemudian siswa
membaca dan menyelidiki teks tersebut. Melalui data tersebut siswa dapat
mengumpulkan pengetahuan sampai menemukan makna teks cerita moral/fabel.
10. Guru
memberikan data selanjutnya yaitu berupa struktur teks cerita fabel yang ditampilkan
di layar sehingga dapat menambah pengetahuan siswa.
d.
Mengasosiasikan
11. Siswa
dibagi kelompok minimal 3 orang.
12. Setiap
kelompok berdiskusi menentukan struktur pada teks cerita fabel yang telah
dibagikan. Kemudian mendiskusikan amanat atau nasihat apa yang disampaikan
pada teks cerita moral/fabel yang telah dibagikan.
e.
Mengomunikasikan
13. Kelompok
yang telah selesai mengerjakan tugas paling awal, mempresentasikan hasilnya
di depan siswa yang lain.
14. Kelompok
lain memberi tanggapan atau jawaban yang berbeda.
|
60
Menit
|
Penutup
|
15. Guru
memberikan permainan bertema
“Belajar dari Kehidupan Fauna”
dari gambar-gambar yang telah disediakan.
16. Guru
memberikan hadiah kepada kelompok yang paling cepat menyelesaikan permainan
sebagai bentuk apresiasi.
17. Guru
mengadakan tanya jawab terkait materi pembelajaran yang sedang berlangsung.
18. Guru
beserta siswa menyimpulkan bersama-sama makna dari teks cerita moral/fabel.
19. Guru
meminta siswa untuk membuat teks cerita moral/fabel serta cara menyusun teks
cerita fabel untuk pertemuan selanjutnya.
20. Guru
menutup pelajaran dengan kata-kata motivasi dan salam.
|
15
Menit
|
J.
Evaluasi Hasil Belajar/Penilaian
1.
Sikap spiritual dan sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
c.
Instrumen :
No
|
Nama siswa
|
Religius/PBI
|
Jujur& PD
|
Skor
|
Nilai
|
Konversi
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
||||||||||||
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
...
|
||||||||||||
Rubrik |
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan.
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
d.
Kisi-kisi :
Lembar Observasi
No.
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Menghargai dan bersyukur kepada Tuhan YME atas
keberadaan bahasa Indonesia
|
1. Terbiasa menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar pada
saat berdoa.
|
A1
|
2. Terbiasa mengucapkan salam saat
memulai /mengakhiri kegiatan
|
A2
|
||
2
|
Jujur
|
1. Terbiasa tidak menyontek, tidak melakukan plagiat
dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas.;
|
A3
|
3. Terbiasa mengungkapkan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya;
|
A4
|
||
4. Terbiasa melaporkan data atau
informasi apa adanya;
|
A5
|
||
5. Terbiasa mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki
|
A6
|
||
3
|
Percaya diri
|
6. Terbiasa berpendapat, bertanya,
atau menjawab pertanyaan
|
A7
|
7. Terbiasa presentase di depan
kelas
|
A8
|
Pedoman penilaian sikap
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai = skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100)X4)
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian Non Objektif (UNO)
c. Instrumen :
d. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan makna teks cerita
moral/fabel.
|
B1
|
2.
|
Mengidentifikasikan
struktur isi teks cerita fabel
|
B2
|
Lembar Kerja
Nama :.................... Kelas :................. Sekolah :..............
Bukti
|
Skor
|
Nilai
|
Konversi
|
|
Makna
|
||||
Struktur
|
||||
Rubrik
|
Skor
|
Menuliskan struktur dan makna kurang tepat
|
1
|
Menuliskan struktur dan makna cukup tepat
|
2
|
Menuliskan struktur dan makna tepat
|
3
|
Menuliskan struktur dan makna sangat tepat
|
4
|
Pedoman penilaian pengetahuan
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai = skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100)X4
3. Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian :
Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen :
Uji petik kerja
c. Intrumen :
d. Kisi-kisi :
1) Identifikasikanlah penggunaan kata kerja, kata
sandang, kata, kata keterangan, dan kata penghubung dalam teks cerita moral
berikut!
2) Jawablah pertanyaan literal, inferensial, integratif,
dan kritis terkait isi cerita moral berikut!
3) Kaitkanlah isi cerita moral berikut dengan kehidupan
sehar-hari!
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1. Mengidentifikasi penggunaan kata kerja, kata
sandang, kata, kata keterangan, dan kata penghubung dalam teks cerita moral
|
C1
|
2. Menjawab pertanyaan literal, inferensial,
integratif, dan kritis terkait isi cerita moral
|
C2,C3,C4,C5,
|
3. Menemukan keterkaitan isi teks
cerita moral dengan kehidupan sehari-hari
|
C6
|
Rubrik:
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Identifikasi
a. Lengkap dan terinci
b. Lengkap tetapi kurang terinci
c. Kurang lengkap dan kerinci
d. Kurang lengkap dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
2.
|
Jawaban pertanyaan
a. Teratur, benar dan logis
b. Teratur tetapi tidak logis
c. Kurang teratur dan logis
d. Kurang teratur dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Keterkaitan
b. Tepat dan sesuai
c. Tidak tepat dan sesuai
|
2
1
|
Yogyakarta , 27 April 2015
Mengetahui
Kepala
SMP Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DRA,
A. YUMARTATI, M.HUM MAYA
MARLIANA, S.Pd
NIP ................................................. NIP ........................................
Lampiran-Lampiran
a. Materi Teks Cerita Moral/Fabel
Jiji si Jerapah dan Kus si Tikus

Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah
kampung. Binatang-binatang itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Di kampung itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Pada
suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang Jerapah itu
bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan apa saja yang
penting tidak merugikan orang lain. Masalahnya, Jiji terlalu tinggi untuk
melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya.
Jiji
terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus, ia
harus
menekuk
leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi untuk menjadi
sopir
truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia tekuk, hidungnya
menyentuh
kemudi truk.
“Hm,
sepertinya, aku hanya cocok untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan. Ya, ya,”
gumam Jiji pada suatu pagi, sambil matanya menerawang memperhatikan sekitarnya.
Jiji
mendatangi sebuah rumah. Ia menemui seekor tikus. Si tikus itu bernama Kus. Si
tikus tengah mengecat rumah itu. Kus berdiri di sebuah tangga pendek sambil
tangannya memegang kaleng cat. Kus kelihatan berat mengecat di situ.
“Halo, teman!” Sapa Jiji.
“Hai,”
sahut Kus Tikus. Lalu, dari mulut keluar keluhan, “oh!”
“Ada
apa?” Tanya Jiji.
“Tangga
ini terlalu pendek. Aku jadi tidak bisa mencapai langit-langit,” ucap Kus. “Ah
andai saja aku punya teman kerja yang tinggi sepertimu! Ia pasti dapat
membantuku.”
“Aku
bisa membantumu,” Jiji menawarkan diri. “Kau bisa menggunakan aku sebagai
tangga.”
“Sungguh?”
“Ya,”
jawab Jiji yakin.
“Terima
kasih, teman.”
Dengan gembira Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah.
Kemudian, dia memegang kaleng cat dengan mulutnya. Dia merasa nyaman menempel
di leher sang jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang
sulit. Si tikus mengecat langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak
Beruang, sang pemilik rumah, sangat suka. Lalu, ia memberi ongkos lebih untuk
Kus Tikus dan Jiji Jerapah.
“Hore!”
Seru Jiji senang. “Aku mendapat gaji pertamaku”
“Eh,
teman, bagaimana kalau mulai saat ini kita bekerja sama? Daripada aku membeli
tangga yang lebih tinggi lebih baik aku menggunakanmu saja sebagai
tangga.
Bagaimana?” usul Kus.
“Ya,ya,
aku mau,” sahut Jiji gembira.
Akhirnya,
mulai saat itu Jiji dan Kus bekerja sama sebagai tukang cat di kampung
tersebut. Mereka tidak pernah kehabisan pekerjaan. Di kampung-kampung lain pun
mereka banyak ditawari pekerjaan. Di mana pun mereka bekerja dengan baik.
Pekerjaan mereka selalu rapi dan memuaskan sehingga banyak yang menggunakan
jasa mereka. Hati mereka senang dan gembira.
Sumber: www.dongeng.info
b. Lembar Evaluasi Siswa
Petunjuk:
Diskusikan dengan kelompok anda mengenai
soal di bawah ini!
Kemudian jawablah pertanyaannya dengan
baik dan benar!
1.
Tentukan struktur pada
teks cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” yang telah Anda baca.
STRUKTUR
|
DESKRIPSI
|
1. Orientasi
|
|
2. Komplikasi
|
|
3. Resolusi
|
|
4. Koda
|
|
2.
Jelaskan amanat apa
yang dapat diambil dari cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar