Selasa, 03 November 2015

RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN Teks Fabel



(RPP)
RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah: Pengajaran Mikro
Dosen Pengampu: Dra, A. Yumartati, M.Hum



Disusun oleh:
Maya Marliana
12003060
K/VI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                       : SMP Ahmad Dahlan II Yogyakarta
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII/Gasal
Materi pokok               : Teks Cerita Moral/Fabel
Tema Pelajaran            : Belajar Pada Kehidupan Fauna
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
Pertemuan                   : 1 x pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, reponsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu penegetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanuasiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengmbangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami teks cerita fabel baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menangkap makna teks cerita fabel baik secara lisan maupun tulisan.

C.    Indikator
1.      Memahami struktur teks cerita fabel baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Memahami isi teks cerita fabel baik melalui lisan maupun tulisan.

D.    Tujuan
1.      Setelah mengamati teks cerita moral/fabel diharapkan siswa dapat memahami struktur teks cerita moral/fabel baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Setelah mengamati teks cerita moral/fabel serta sturktur teks cerita moral/fabel, diharapkan siswa dapat memahami makna teks cerita moral/fabel baik melalui lisan maupun tulisan.

E.     Materi Pembelajaran
·         Teks cerita moral/fabel
·         Struktur teks cerita moral/fabel

F.     Alokasi Waktu
2 x 45 Menit
G.    Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.      Pendekatan saintifik
2.      Model pembelajaran kooperatif/kelompok

H.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber:
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII” Buku Siswa. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Media
·         Power point
·         Lembar teks cerita moral/fabel
·         Gambar hewan

I.       Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam pembuka.
2.      Guru memimpin doa bersama.
3.      Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk belajar (bertanya keadaan siswa).
4.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5.      Guru bertanya kepada siswa mengenai pengetahuannya tentang materi pembelajaran hari ini.
6.      Guru menampilkan gambar hewan ‘nyamuk’ dan ‘kerbau’.



15 Menit
Inti
a.      Mengamati
7.      Siswa mengamati gambar hewan ‘nyamuk’ dan ‘kerbau’.
b.      Mempertanyakan
8.      Guru mempertanyakan terkait pengetahuan siswa tentang kedua hewan tersebut berkaitan dengan nilai moral yang bisa diambil dari kedua hewan tersebut. Kemudian guru menjelaskan sisi baik dan buruk dari kedua gambar hewan yang ditampilkan tersebut.
c.       Mengeksplorasi
9.      Guru membagikan data teks cerita fabel “Jiji si Jerapah dan Kus si Tikus” kemudian siswa membaca dan menyelidiki teks tersebut. Melalui data tersebut siswa dapat mengumpulkan pengetahuan sampai menemukan makna teks cerita moral/fabel.
10.  Guru memberikan data selanjutnya yaitu berupa struktur teks cerita fabel yang ditampilkan di layar sehingga dapat menambah pengetahuan siswa.
d.      Mengasosiasikan
11.  Siswa dibagi kelompok minimal 3 orang.
12.  Setiap kelompok berdiskusi menentukan struktur pada teks cerita fabel yang telah dibagikan. Kemudian mendiskusikan amanat atau nasihat apa yang disampaikan pada teks cerita moral/fabel yang telah dibagikan.
e.       Mengomunikasikan
13.  Kelompok yang telah selesai mengerjakan tugas paling awal, mempresentasikan hasilnya di depan siswa yang lain.
14.  Kelompok lain memberi tanggapan atau jawaban yang berbeda.





60 Menit
Penutup
15.  Guru memberikan permainan bertemaBelajar dari Kehidupan Fauna” dari gambar-gambar yang telah disediakan.
16.  Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang paling cepat menyelesaikan permainan sebagai bentuk apresiasi.
17.  Guru mengadakan tanya jawab terkait materi pembelajaran yang sedang berlangsung.
18.  Guru beserta siswa menyimpulkan bersama-sama makna dari teks cerita moral/fabel.
19.  Guru meminta siswa untuk membuat teks cerita moral/fabel serta cara menyusun teks cerita fabel untuk pertemuan selanjutnya.
20.  Guru menutup pelajaran dengan kata-kata motivasi dan salam.


15    Menit

J.      Evaluasi Hasil Belajar/Penilaian
1.      Sikap spiritual dan sosial
a.       Teknik Penilaian         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen      : Lembar observasi
c.       Instrumen                   :

No
Nama siswa
Religius/PBI
Jujur& PD
Skor
Nilai
Konversi
1
2
3
4
1
2
3
4
1.












2.












3.












...


























Rubrik

Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan.
1
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus menerus dan ajeg/konsisten
4

d.      Kisi-kisi          :
Lembar Observasi
No.
Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan bersyukur kepada Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia
1.    Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia  dengan baik dan benar pada saat berdoa.
A1
2.    Terbiasa mengucapkan salam saat memulai /mengakhiri kegiatan
A2
2
Jujur
1.  Terbiasa  tidak menyontek, tidak melakukan plagiat dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas.;
A3
3.     Terbiasa mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya;
A4
4.    Terbiasa melaporkan data atau informasi apa adanya;
A5
5.    Terbiasa mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
A6
3
Percaya diri
6.    Terbiasa berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
A7
7.    Terbiasa presentase di depan kelas
A8

Pedoman penilaian sikap
Skor   = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai = skor yang diperoleh X 100
               Skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100)X4)
2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian         : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen      :  Uraian Non Objektif (UNO)
c.       Instrumen                   :
d.      Kisi-kisi                     
No
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan makna teks cerita moral/fabel.
B1
2.
Mengidentifikasikan struktur isi teks cerita fabel
B2

Lembar Kerja

Nama        :.................... Kelas     :................. Sekolah :..............

Bukti
Skor
Nilai
Konversi
Makna




Struktur



































Rubrik
Skor
Menuliskan struktur dan makna kurang tepat
1
Menuliskan struktur dan makna cukup tepat
2
Menuliskan struktur dan makna tepat
3
Menuliskan struktur dan makna sangat tepat
4

Pedoman penilaian pengetahuan
Skor          = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai         = skor yang diperoleh X 100
                        Skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100)X4
3.      Penilaian Keterampilan
a.       Teknik Penilaian         : Tes Praktik
b.      Bentuk Instrumen      : Uji petik kerja
c.       Intrumen                    :
d.      Kisi-kisi                      :
1)      Identifikasikanlah penggunaan kata kerja, kata sandang, kata, kata keterangan, dan kata penghubung dalam teks cerita moral berikut!
2)      Jawablah pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis terkait isi cerita moral berikut!
3)      Kaitkanlah isi cerita moral berikut dengan kehidupan sehar-hari!
Keterampilan
Butir Instrumen
1.    Mengidentifikasi penggunaan kata kerja, kata sandang, kata, kata keterangan, dan kata penghubung dalam teks cerita moral
C1
2.    Menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis terkait isi cerita moral
C2,C3,C4,C5,
3.  Menemukan keterkaitan isi teks cerita moral dengan kehidupan sehari-hari
C6

Rubrik:
No.
Kriteria Penilaian
Skor
1.
Identifikasi
a.     Lengkap dan terinci
b.    Lengkap tetapi kurang terinci
c.     Kurang lengkap dan kerinci
d.    Kurang lengkap dan kurang terinci

4
3
2
1
2.
Jawaban pertanyaan
a.    Teratur, benar dan logis
b.    Teratur tetapi tidak logis
c.    Kurang teratur dan logis
d.   Kurang teratur dan kurang logis

4
3
2
1
3.
Keterkaitan
b.    Tepat dan sesuai
c.    Tidak tepat dan sesuai

2
1















Yogyakarta , 27 April 2015

Mengetahui                                                                
Kepala SMP                                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




            DRA, A. YUMARTATI, M.HUM                          MAYA MARLIANA, S.Pd
NIP .................................................                           NIP ........................................

Lampiran-Lampiran

a.      Materi Teks Cerita Moral/Fabel

Jiji si Jerapah dan Kus si Tikus





Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung. Binatang-binatang itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing. Di kampung itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Pada suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan apa saja yang penting tidak merugikan orang lain. Masalahnya, Jiji terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya.
Jiji terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus, ia harus
menekuk leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi untuk menjadi
sopir truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia tekuk, hidungnya
menyentuh kemudi truk.
“Hm, sepertinya, aku hanya cocok untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan. Ya, ya,” gumam Jiji pada suatu pagi, sambil matanya menerawang memperhatikan sekitarnya.
Jiji mendatangi sebuah rumah. Ia menemui seekor tikus. Si tikus itu bernama Kus. Si tikus tengah mengecat rumah itu. Kus berdiri di sebuah tangga pendek sambil tangannya memegang kaleng cat. Kus kelihatan berat mengecat di situ.
 “Halo, teman!” Sapa Jiji.
“Hai,” sahut Kus Tikus. Lalu, dari mulut keluar keluhan, “oh!”
“Ada apa?” Tanya Jiji.
“Tangga ini terlalu pendek. Aku jadi tidak bisa mencapai langit-langit,” ucap Kus. “Ah andai saja aku punya teman kerja yang tinggi sepertimu! Ia pasti dapat membantuku.”
“Aku bisa membantumu,” Jiji menawarkan diri. “Kau bisa menggunakan aku sebagai tangga.”
“Sungguh?”
“Ya,” jawab Jiji yakin.
“Terima kasih, teman.”
Dengan gembira Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian, dia memegang kaleng cat dengan mulutnya. Dia merasa nyaman menempel di leher sang jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang sulit. Si tikus mengecat langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak Beruang, sang pemilik rumah, sangat suka. Lalu, ia memberi ongkos lebih untuk Kus Tikus dan Jiji Jerapah.
“Hore!” Seru Jiji senang. “Aku mendapat gaji pertamaku”
“Eh, teman, bagaimana kalau mulai saat ini kita bekerja sama? Daripada aku membeli tangga yang lebih tinggi lebih baik aku menggunakanmu saja sebagai
tangga. Bagaimana?” usul Kus.
“Ya,ya, aku mau,” sahut Jiji gembira.
Akhirnya, mulai saat itu Jiji dan Kus bekerja sama sebagai tukang cat di kampung tersebut. Mereka tidak pernah kehabisan pekerjaan. Di kampung-kampung lain pun mereka banyak ditawari pekerjaan. Di mana pun mereka bekerja dengan baik. Pekerjaan mereka selalu rapi dan memuaskan sehingga banyak yang menggunakan jasa mereka. Hati mereka senang dan gembira.

















b.      Lembar Evaluasi Siswa
Petunjuk:
Diskusikan dengan kelompok anda mengenai soal di bawah ini!
Kemudian jawablah pertanyaannya dengan baik dan benar!
1.      Tentukan struktur pada teks cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” yang telah Anda baca.

STRUKTUR
DESKRIPSI





1. Orientasi




2. Komplikasi




3. Resolusi




4. Koda


2.      Jelaskan amanat apa yang dapat diambil dari cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar